1. Apa alasan mendasar dikembangkannya sistem pakar?
2. Apa perbedaan sistem konvensional dan sistem pakar?
3. Dalam kondisi apakah perlu dilakukan migrasi dari sistem konvensional ke sistem pakar?
4. Apa tujuan dari sistem pakar dan pemindahan kepakaran?
5. Dilihat dari struktur, apa perbedaan dari Human Expert dan Expert System?
6. Apa itu knowledge base dan peranannya dalam sistem pakar?
7. Apa yang sekiranya terjadi bila sistem pakar tidak memiliki knowledge base?
8. Apa itu working memory dan peranannya dalam sistem pakar?
Jawaban!
1. Alasan mendasar dikembangkannya sistem pakar adalah untuk
menggantikan tugas-tugas dari para ahli digantikan hanya dengan sebuah
sistem, tanpa harus seorang ahli atau pakar bekerja di tempat tersebut.
2. Sistem konvensional merupakan sebuah sistem yang didapat secara
manual dari hasil pemikiran seseorang yang dituangkan melalui sebuah
metode atau cara-cara tertentu, sedangkan sistem pakar merupakan sebuah
sistem yang didapat dari hasil pemikiran seseorang, kemudian dituangkan
kedalam sistem komputerisasi dan digunakan secara langsung untuk
mendapatkan penyelesaian dari suatu masalah.
3. Pada saat suatu kondisi Perusahaan yang menginginkan untuk maju,
karena dengan masih adanya sistem konvensional maka perusahaan tidak
akan berkembang. Karena sistem pakar ini mengikuti perkembangan dari
suatu teknologi.
4. Tujuan nya adalah pengalihan keahlian dari para ahli ke media
elektronik seperti komputer yang kemudian dialihkan lagi pada orang yang
bukan ahli atau user.
5. Dilihat dari segi strukturnya antara Human Expert dan Expert Sistem
sama-sama memiliki kedudukan yang sejajar, namun human expert lebih
kepada skill dari individu tersebut, sedangkan expert sistem merupakan
bagaimana sistem tersebut berjalan secara otomatis dari skill individu
yang membuatnya.
6. Knowledge base adalah hasil representasi pengetahuan dari seorang
atau beberapa pakar yang diperlukan untuk memahami, memformulasikan dan
memecahkan masalah. Dalam hal ini digunakan untuk memecahkan
masalah-masalah yang terjadi pada komputer.
7. Knowledge Based System digunakan untuk dapat membantu manusia dalam
menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan berdasarkan atas pengetahuan
yang telah diprogramkan ke sistem tersebut. Untuk hal inilah maka
digunakan maka knowledge based system dalam memecahkan masalah yang
berhubungan dengan AI (Artificial Intelligent). Jika tidak terdapat
knowledge base tersebut maka system pakar sulit untuk memecahkan
masalah.
8. Working memori memiliki tugas untuk mengorganisasikan informasi,
memberi makna informasi dan membentuk pengetahuan untuk disimpan di
memori jangka panjang, sehingga disebut memori pekerja. Jadi working
memory berisi informasi yang didapat dari user dan kesimpulan yang
didapat dari sistem (memori sementara).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar